Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Wadah Makanan Bermelamin!

Kompas.com - 02/06/2009, 22:24 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palembang, Sumsel meminta masyarakat berhati-hati dan mewaspadai penggunaan sejumlah wadah (tempat) makanan yang mengandung bahan berbahaya melamine, yang diduga beredar luas di pasaran dan banyak dipakai warga setempat.
    
Namun Kepala BPOM Palembang, M Ali Bata Harahap Apt MKes, di Palembang, Selasa, menegaskan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menarik produk yang berbahaya itu dari pasaran.

Kendati begitu, BPOM setempat perlu berkoordinasi dengan instansi terkait di daerahnya dalam mengambil langkah yang diperlukan.

Pihaknya hanya mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, dengan tidak menggunakan produk berbahaya tersebut.

Sebanyak 30 jenis produk perkakas wadah makanan --kebanyakan tempat makan balita-- diketahui mengandung dan bisa melepas melamine yang berbahaya itu, telah diumumkan kepada masyarakat luas.
    
Karena itu, masyarakat diimbau berhati-hati, antara lain dengan memeriksa terlebih dulu produk melamine yang hendak dibeli, terutama piring, mangkok, sendok, dan garpu, termasuk yang digunakan di rumah masing-masing.
    
Diperkirakan melamine berbahaya itu didominasi barang impor dari China, berupa mangkok yang pada bagian bawahnya tertera tulisan "Sayota Melamine Ware", "VGS 1-83", "MeiShing Melamine 110581", dan "ADS-WO7-2". Begitupula dengan sendok bertuliskan "Made In China" dan "Zak Design CHINA 04287".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com