Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Masih Buka Peluang untuk Korut

Kompas.com - 27/05/2009, 17:11 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Amerika Serikat (AS) akan tetap berupaya untuk mencapai sebuah penyelesaian diplomasi dengan Korea Utara terkait uji coba misil terakhir negeri itu. Demikian pernyataan resmi Pentagon dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di Jepang, Rabu (27/5). "Kami belum menutup pintu untuk diplomasi," kata Michael Schiffer, Asisten Wakil Menteri Pertahanan untuk Asia Timur, kepada harian bisnis Nikkei.
   
Pyongyang, Senin, meluncurkan uji coba nuklir keduanya sejak uji coba pertama pada 2006 serta beberapa uji coba misil jarak dekat, yang memicu kecaman internasional.
   
Schiffer mengatakan, Pemerintah AS ingin agar isu itu ditangani oleh Dewan Keamanan PBB, menurut harian itu. Schiffer mengindikasikan bahwa militer AS tidak memiliki rencana untuk mendorong kehadirannya di kawasan Asia Pasifik setelah uji coba nuklir itu, seraya mengatakan bahwa "kami sangat siap untuk menghadapi hal-hal tak terduga dalam bentuk apa pun."
   
Menteri Pertahanan AS Robert Gates dijadwalkan bertemu dengan timpalannya dari Jepang dan Korea Selatan di Singapura, Sabtu, untuk membicarakan masalah Korea Utara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com