Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pemilu Lokal di Kawasan Bekas Macan Tamil

Kompas.com - 26/05/2009, 04:10 WIB

KOLOMBO, KOMPAS.com - Sri Lanka akan mengadakan pemilihan lokal akhir tahun ini di bagian-bagian dari daerah di utara yang dulu dikuasai oleh Macan Tamil untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, seorang pejabat mengatakan, Senin (25/5).
   
Seorang juru bicara kementerian pemerintah setempat mengatakan pemilihan akan diadakan antara 4 dan 17 Agustus untuk memilih dewan kotapraja di Vavuniya dan Jaffna, bagian-bagian yang dikuasai oleh pemberontak sebelum kekalahan mereka pekan lalu.
   
Pemerintah mengadakan pemilihan dewan kota setempat terakhir di Vavuniya, ibu kota wilayah Wanni, pada Maret 2004. Pemilihan terakhir di semenanjung Jaffna adalah pada 1998.
   
Daerah-daerah yang luas di wilayah Wanni di bagian utara pulau itu telah di bawah kekuasaan Macan Pembebasan Tamil Eelam (LTTE), yang berperang untuk memotong sebuah negara Tamil terpisah di pulau mayoritas etnik Sailan tersebut.
   
Pemerintah telah mengadakan pemilihan lokal yang sama di bagian timur pulau itu setelah wilayah itu direbut dari kekuasaan Macan Tamil pada Juli 2007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com