Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macan Tamil Akui Panglima Prabhakaran Tewas

Kompas.com - 25/05/2009, 04:38 WIB

KOLOMBO, KOMPAS.com — Gerilyawan Macan Tamil, Minggu (24/5), untuk pertama kalinya mengakui bahwa pemimpin mereka, Velupillai Prabhakaran, tewas sepekan lalu dalam serangan pasukan Pemerintah Sri Lanka.

"Kami mengumumkan hari ini dengan sangat sedih dan berat hati bahwa pemimpin kami yang tak ada bandingannya, panglima tertinggi Macan Pembebasan Tamil Eelam (LTTE), menjadi martir ketika memerangi pasukan pemerintah Sri Lanka," kata ketua hubungan internasional LTTE Selvarasa Pathmanathan dalam sebuah pernyataan.

"Permintaan terakhirnya adalah terus berjuang sampai kami mencapai kemerdekaan bagi rakyatnya," kata pernyataan itu.

Selasa, Pathmanathan membantah berita kematian itu dengan mengatakan kepada situs pro-pemberontak Tamilnet bahwa Prabhakaran, pendiri dan pemimpin Macan Tamil, "selamat dan sehat", dan pernyataan itu membuat pemerintah segera menyiarkan rekaman gambar mayatnya.

Pernyataan LTTE Minggu itu mengatakan, Prabhakaran tewas pada 17 Mei, sehari sebelum pemerintah mengumumkan kematiannya. Militer mengumumkan bahwa Prabhakaran (54) ditembak Senin (18/5) ketika ia berusaha melarikan diri dari serangan pamungkas pasukan pemerintah dan mayatnya secara resmi diidentifikasi sehari kemudian.

Pemerintah Sri Lanka tidak memublikasikan laporan hasil pemeriksaan mayat atau secara resmi mengonfirmasi bagaimana atau kapan ia tewas. Seorang juru bicara pemerintah mengatakan, Selasa, mayat Prabhakaran akan diberikan kepada pengurus, tetapi pemimpin militer Jenderal Sarath Fonseka mengatakan kepada media swasta Sunday Rivira bahwa mayatnya telah dikremasi dan abunya dilempar ke laut.

Juga dinyatakan tewas dalam operasi final militer adalah dua deputi Prabhakaran—pemimpin Macan Laut Kolonel Soosai dan kepala intelijen LTTE Pottu Amman. Tokoh penting lain Macan Tamil yang juga tewas adalah putra Prabhakaran dan calon penggantinya, Charles Anthony (24), pemimpin sayap politik, B Nadesan, dan pemimpin Sekretariat Perdamaian LTTE yang sudah tidak berfungsi lagi, S Pulideevan.

Pemerintah Sri Lanka hari Senin (18/5) mengumumkan berakhirnya konflik puluhan tahun dengan Macan Tamil setelah pasukan menumpas sisa-sisa kekuatan pemberontak tersebut dan membunuh Prabhakaran. Pernyataan Kolombo itu menandai berakhirnya salah satu konflik etnik paling lama dan brutal di Asia yang menewaskan puluhan ribu orang dalam berbagai pertempuran, serangan bunuh diri, pengeboman, dan pembunuhan.

Beberapa waktu terakhir ini Sri Lanka memang telah yakin bahwa mereka berada di ambang kemenangan perang atas LTTE setelah pertempuran 37 tahun dan menolak seruan-seruan internasional, termasuk negara-negara yang tergabung dalam G8 dan PBB, untuk menghentikan perang.

Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapakse telah beberapa kali mendesak pemberontak Macan Tamil menyerah untuk menghindari pembasmian total. Rajapakse, yang juga panglima tertinggi angkatan bersenjata, juga menolak seruan-seruan bagi gencatan senjata dan menekankan bahwa Macan Tamil harus meletakkan senjata dan mengizinkan warga sipil keluar dari daerah-daerah yang masih mereka kuasai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com