Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarkozy Mengancam Kacaukan G-20

Kompas.com - 02/04/2009, 07:27 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Perancis mengancam akan mengacaukan pertemuan G-20 jika pertemuan tidak dapat mencapai hasil seperti yang diinginkan.

Kanselir Jerman Angela Merkel, walau tidak seekstrem Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, mengatakan akan memeriksa hingga titik koma komunike G-20.

Sehubungan dengan itu, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown di London, Rabu (1/4), menyerukan agar G-20 bersatu memulihkan kepercayaan sehingga krisis global dapat di atasi.

KTT G-20 dilangsungkan pada 2-4 April di London. Tujuannya adalah membahas tindakan agar ekonomi global cepat keluar dari krisis.

”Saya menginginkan hasil, tidak ada pilihan lain. Krisis ini amat serius. Kita bertemu untuk menghasilkan sesuatu,” kata Sarkozy di Paris, Selasa sore, sebelum bertolak ke London.

”Saya tak mau bergabung dengan pertemuan yang salah yang ditutup dengan pernyataan kosong dan tidak menangani masalah yang tengah kita hadapi. Sebuah kursi kosong merupakan pertanda kegagalan sebuah pertemuan,” kata Sarkozy.

Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde mengatakan, Sarkozy tidak akan menandatangani komunike G-20 jika tidak memenuhi keinginannya.

Draf komunike sudah beredar dan sedianya sudah siap diteken. Namun, Sarkozy mengubah keadaan dengan ancaman-ancamannya. Kebocoran draf komunike membuat para deputi dan staf para pemimpin G-20 mengulang penyusunan draf dari awal.

”Komunike bocor dan ini menimbulkan ketidaksenangan tuan rumah PM Gordon Brown. Sumber kebocorannya adalah salah satu negara Eropa yang merasa bahwa komitmen dari komunike yang ada kurang mewakili kepentingan mereka. Sekarang terjadi perubahan drastis. Sejak Selasa malam sampai Rabu pagi pembahasan draf dimulai lagi dari nol,” kata Menteri Keuangan sekaligus Pelaksana Jabatan Menteri Koordinator Perekonomian Sri Mulyani Indrawati di London, Rabu.

Titik perbedaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com