Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Termuda Kim Ikut Pemilihan Parlemen

Kompas.com - 20/02/2009, 00:32 WIB

SEOUL,KAMIS-Anak laki-laki termuda pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il mencalonkan diri dalam pemilihan parlemen.

Ini dianggap oleh beberapa pengamat sebagai meletakkan dasar bagi peralihan kekuasaan.

Putera ketiga pemimpin itu, Kim Jong-Un yang berusia 25 tahun, telah terdaftar sebagai calon untuk pemilihan 8 Maret yang akan datang. Demikian laporan kantor berita Korea Selatan, Yonhap, Kamis (19/2).

Dengan pencalonan itu berarti Korea Utara telah memulai proses penunjukan pengganti pemimpin tersebut, kata laporan itu, dengan menyebut beberapa sumber di China.

"Kim Jong-Un akan dicalonkan secara resmi sebagai pengganti setelah pemilihan. Ia diperkirakan akan menerima jabatan partai dan militer penting," kata seorang sumber kepada Yonhap.

Laporan itu tersiar di tengah spekulasi yang meningkat mengenai kepemimpinan Korut di masa depan setelah Kim senior menurut laporan menderia stroke Agustus tahun lalu.

Kim Jong-Il mewarisi kekuasaan dari ayahnya Kim Il-Sung dalam suskesi satu-satunya dinasti komunis di dunia. Namun tidak jelas apakah ia ingin salah satu dari tiga anak laki-lakinya untuk menggantikannya -- dan jika demikian, anak yang mana.

Kantor berita Yonhap melaporkan bulan lalu bahwa Kim telah mencalonkan anak laki-laki ketiganya itu sebagai penggantinya, yang lebih disukai ketimbang anak laki-laki tertuanya Jong-Nam dan anak laki-laki tengahnya Jong-Chul.

Tidak ada petunjuk umum pada masa lalu bahwa salah satu anak-laki-lakinya telah dipersiapkan untuk suksesi tersebut. Beberapa pengamat yakin, kepemimpinan kolekif militer-partai akan muncul jika Kim meninggal atau menjadi tidak mampu memimpin, dengan salah satu anak laki-lakinya sebagai pemimpin boneka.

Hasil pemilihan merupakan kesimpulan yang telah diketahui sebelumnya, dengan partai komunis yang berkuasa menunjuk hanya satu calon di setiap distrik. Namun pelantikan Majelis Rakyat Tertinggi baru biasanya mendahului perombakan kabinet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com