Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netanyahu: Tak Ada Pengembalian Golan ke Suriah

Kompas.com - 09/02/2009, 05:55 WIB

JERUSALEM, SENIN - Pemimpin Partai Likud Benjamin Netanyahu yang diunggulkan dalam pemilu Israel pekan ini berjanji tak akan menyerahkan Dataran Tinggi Golan untuk mencapai perdamaian dengan Suriah. Janji ini disampaikan oleh Netanyahu sebagai upaya mengumpulkan dukungan sayap kanan dalam menit-menit akhir menuju pemilu.

Warga Israel akan menyampaikan suara mereka dalam pemilihan umum Selasa (10/2). Netanyahu memimpin perolehan suara dalam berbagai jajak pendapat setelah November tahun lalu ditetapkan pemilu Israel akan berlangsung 10 Februari. Namun, dominasi perolehan suara itu menyusut dalam beberapa pekan terakhir setelah partai sayap kanan lainnya, Yisrael Beitenu, meraih dukungan luas lewat kampanye antiminoritas warga Arab di Israel.

Konfrontasi antara Israel dan pemerintah Barack Obama dapat terjadi apabila Netanyahu terpilih sebagai pemimpin Israel. Netanyahu selama ini menentang kesepakatan damai dengan Palestina dan mendukung perluasan permukiman Israel di Tepi Barat.

Kebijakan Netanyahu itu  diperkirakan akan berbenturan dengan kebijakan Washington. Partai Likud selama beberapa dasawarsa dikenal sebagai suara mayoritas sayap kanan Israel. Namun, erosi dukungan terhadap Likud belakangan telah memicu Netanyahu menekankan posisi garis kerasnya beberapa jam menjelang berakhirnya kampanye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com