Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahtisaari Desak Obama Beri Prioritas Konflik Timur Tengah

Kompas.com - 10/12/2008, 21:05 WIB

OSLO, RABU — Penerima Nobel Perdamaian Martti Ahtisaari, Rabu (10/12), mendesak presiden terpilih Amerika Serikat Barack Obama untuk memberi prioritas utama pada penyelesaian konflik Timur Tengah.

Diplomat dan mediator dari Finlandia itu juga memperingatkan bahwa krisis keuangan global akan menghantam keras negara-negara berkembang dan mendesak agar negara maju tidak menghentikan bantuan luar negerinya.

Ahtisaari tahun ini menerima Nobel Perdamaian setelah kerja kerasnya selama tiga dekade membantu penyelesaian konflik di Namibia, Kosovo, dan Indonesia. Dalam pidatonya seusai menerima Nobel, Rabu, di Oslo City Hall, Ahtisaari menyatakan bahwa semua konflik dapat diselesaikan.

"Saya berharap presiden baru AS yang akan dilantik bulan depan dapat memberikan prioritas tinggi bagi konflik Timur Tengah pada tahun pertama pemerintahannya," kata Ahtisaari berharap.

Ahtisaari belum melihat peran mediasi di Timur Tengah meski pada zaman PM Inggris Tony Blair sebenarnya konflik Timur Tengah mendapat penanganan yang lebih baik. Dalam wawancara dengan Associated Press sebelum menerima Nobel tadi, Ahtisaari mengkritik para pemimpin dunia yang disebutnya belum bekerja cukup untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

"Masyarakat internasional dan mereka yang mempunyai kekuasaan hanya duduk dan membiarkan mereka (Israel dan Palestina) saling menghancurkan satu sama lain," kata Ahtisaari.

Dalam pidatonya saat menerima Nobel, Ahtisaari menyatakan bahwa agama, cinta, dan damai dapat menjadi kekuatan konstruktif dalam menyelesaikan konflik. Hal itu, katanya, juga dapat diterapkan di Timur Tengah yang dikatakannya sebagai proyek bangunan perdamaian paling besar yang menghadang masyarakat internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com