Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muslim Mumbai Tolak Kuburkan Teroris

Kompas.com - 02/12/2008, 14:53 WIB

MUMBAI, SELASA — Majelis Muslim Mumbai tidak mengizinkan penguburan jenazah sembilan teroris yang tewas dalam serangan Mumbai di Permakaman Marine Lines Bada Qabrastan.

Majelis Muslim mengatakan, pihaknya akan mengirimkan pesan kepada semua permakaman di India bahwa tak satu pun jenazah para teroris diizinkan dikuburkan di tanah India. Serangan pada 10 tempat strategis di Mumbai pekan lalu menewaskan sedikitnya 195 orang dan melukai ratusan lainnya.

Bhai Jagtap, seorang anggota Kongres Muslim India dari daerah pemilihan VP Road-JJ, mengatakan, beberapa organisasi Muslim telah dihubungi dan memintanya agar jenazah para teroris itu tidak akan dikuburkan di permakaman mana pun di India.

"Mempertimbangkan perasaan mereka, saya berusaha menghubungi Wakil Perdana Menteri R R Patil dan para pemimpin senior lainnya. Saya akan ajukan pesan ini kepada pemerintah bagian," kata Jagtap kepada Times of India.

Dewan pemerintah telah menyerahkan sepucuk surat kepada Pekamanan Marine Lines sehubungan masalah tersebut. Pada 2003 seorang warga Pakistan yang tewas dalam suatu pertempuran dimakamkan di satu pekuburan Mumbai.

Pada saat itu telah diputuskan tidak akan mengizinkan penguburan teroris karena melakukan penyerangan. Namun, organisasi-organisasi Muslim lainnya belum menerima keputusan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com