Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Dukung Negara Palestina

Kompas.com - 19/11/2008, 07:31 WIB

RAMALLAAH, RABU — Presiden AS terpilih Barack Obama menelpon Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan berjanji untuk terus mendorong upaya damai Timur Tengah.

Menurut juru runding utama Palestina, Saeb Erakat, dalam pembicaraan pertama mereka sejak pemilihan presiden di AS pada 4 November, Obama juga menegaskan kembali dukungan kuatnya pada negara Palestina yang hidup berdampingan dengan Israel.

"Obama mengatakan, ia akan terus mendorong proses damai agar mencapai solusi dua negara dan bahwa ia akan bekerja dengan Palestina dan Israel untuk mencapai perjanjian karena itu merupakan kepentingan setiap orang," kata Erakat.

Pembicaraan damai Israel-Palestina yang didukung AS yang diluncurkan pada pertemuan puncak internasional di Annapolis, Maryland, November, tampak hanya membuat sedikit kemajuan meskipun ada pembicaraan intensif dan tekanan AS.

Pembicaraan itu gagal total setelah PM Israel Ehud Olmert mundur pada September yang menetapkan diselenggarakannya pemilihan yang dipercepat di Israel.

"Hubungan telepon Obama menunjukkan, ia akan memprioritaskan pembicaraan damai Israel-Palestina," kata Erakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com