Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McCain Tersinggung Disamakan dengan Bush

Kompas.com - 16/10/2008, 08:38 WIB

NEW YORK, KAMIS — Capres Partai Republik, John McCain, menyerang balik ketika Barack Obama dari Partai Demokrat berusaha menyamakannya dengan Presiden AS George W Bush. "Saya bukan Presiden Bush," kata McCain.

"Jika Anda ingin melawan Presiden Bush, Anda seharusnya maju empat tahun lalu. Saya akan memberikan petunjuk baru pada ekonomi ini dan negara ini," kata McCain dalam awal debat ketiga sekaligus terakhir di Hofstra University, Hempstead, New York, Rabu (15/10) pukul 21.00 waktu setempat atau Kamis (16/10) pukul 08.00 waktu Indonesia.

Sementara itu, Obama berjanji akan mengajukan rencana anggaran federal halaman per halaman, sebaris demi sebaris, dan memangkas program-progam yang tidak berguna.

Saat capres Partai Demokrat Barack Obama unggul dalam berbagai jajak pendapat, debat ketiga ini akan menjadi peluang terakhir bagi capres Partai Republik John McCain untuk menaikkan popularitasnya. Bagi kedua capres, debat terakhir ini akan mereka gunakan untuk memburu suara para pemilih yang masih mengambang.

Tidak bisa diragukan lagi, debat selama 90 menit itu fokus membahas penyelesaian krisis ekonomi AS. Kedua capres sama-sama menghujat kebijakan Presiden AS George W Bush sebagai biang krisis ekonomi. "Krisis ini akibat kerakusan Washington dan Wall Street," kata McCain.

Tidak seperti dua debat sebelumnya, kali ini kedua kandidat duduk berhadap-hadapan. Pengasuh acara Face the Nation di CBS News, Bob Schieffer yang menjadi moderator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com