Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palin: Obama Harus Bertanggung Jawab

Kompas.com - 15/10/2008, 09:26 WIB

WASHINGTON, RABU - Calon wakil presiden AS dari partai Republik Sarah Palin berpendapat bahwa calon presiden AS dari partai Demokrat Barack Obama bertanggung jawab terhadap laporan pemalsuan daftar penyumbang suara untuk pemilihan presiden AS yang diadakan oleh  Association of Community Organizations for Reform Now (ACORN). "Obama bertanggung jawab dalam mengekang tindakan ACORN, " kata Palin dalam sebuah wawancara dengan presenter radio konservatif Rush Limbaugh.

ACORN adalah sebuah organisasi berbasis komunitas yang beradvokasi bagi kalangan keluarga kelas menengah ke bawah dengan memperjuangkan isu sosial seperti perawatan kesehatan. ACORN Votes, komite aksi politik nasional ACORN, diresmikan oleh Barack Obama selama pemilihan pendahuluan calon presiden AS dari partai Demokrat. Antara tahun 2004-2008, ACORN memfokuskan diri pada misi  pendaftaran pemegang hak suara.

Kubu kampanye calon presiden AS dari partai Republik John McCain belakangan menggencarkan kecaman terhadap ACORN yang dituduh telah memasukkan pemilih remaja dan bahkan Mickey Mouse dalam daftar penyumbang suara. Palin menerangkan ACORN bertanggung jawab terhadap situasi tak terarah dalam kasus penipuan penyumbang suara itu. Palin juga mengecam kubu kampanye Obama karena tak memberikan tanggapan terhadap masalah ini setelah kubu kampanye McCain mengirimkan sepucuk surat ke kubu Demokrat untuk mengambil tindakan terhadap penipuan soal pemberi suara September lalu.

Tak lama sebelum Palin mengikuti wawancara, kubu kampanye Obama mengirimkan e-mail ke publik sebagai tanggapan keprihatinan terhadap kampanye pembunuhan karakter yang dilakukan oleh kubu John McCain. Kubu Obama menilai kampanye itu sebagai upaya mengalihkan perhatian publik dari strategi agresif Partai Republik.

Kubu kampanye Obama mengecam laporan tentang penipuan registrasi pemegang hak suara. Namun, kubu Obama menyebut tuduhan yang dilemparkan oleh kubu McCain ini tak seluruhnya dapat dibenarkan.

Meskipun kubu Obama menyampaikan bantahan tersebut, Palin menekankan banyak kisah yang belum terungkap oleh media. Gubernur Alaska ini mencontohkan kedekatan Obama dengan gerakan radikal Bill Ayers pada tahun 1960-an. "Masih banyak yang terabaikan oleh media tentang kedekatan Obama dan gerakan Ayers itu," kata Palin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com