Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Il Sehat, Nonton Bola di Kampus Kim Il Sung

Kompas.com - 05/10/2008, 08:39 WIB

SEOUL, MINGGU - Setelah tidak muncul di publik selama dua bulan,  pemimpin diktator Korea Utara Kim Jong Il (66) menonton pertandingan sepakbola di Universitas Kim Il Sung, almamaternya. Pertandingan tersebut diadakan untuk merayakan Dies Natalis ke-62 kampus yang namanya diambil dari nama ayahnya, Kim Il Sung.  

Dalam berita yang dilansir KCNA (Kantor Berita Sentral Korea), Sabtu (4/10), Disebutkan juga, Kim yang didampingi sejumlah pejabat negara, memberikan ucapan selamat kepada dua kesebelasan tersebut seusai pertandingan. Namun, KCNA tidak menjelaskan bagaimana kondisi kesehatannya, dan waktu kemunculannya di publik.  

Seperti diberitaka sebelumnya, pemimpin Korea Utara tersebut telah absen dalam dua acara penting yaitu, parade militer yang menandai HUT ke-60 Korea Utara dan Hari Thanksgiving Korea. Keabsenan Kim kali ini merupakan yang terpanjang sejak tahun 1994, ketika ayahnya meninggal. 

Beberapa sumber mengatakan, Kim menderita penyakit serius, dan karenanya menimbulkan kekhawatiran mengenai kelanjutan kepimpinan di negara komunis tersebut. Namun, para pejabat Korea Selatan mengatakan, ia telah menjalani operasi otak menyusul stroke tapi telah pulih kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com