Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Nestle Tercemar Melamin di Taiwan

Kompas.com - 02/10/2008, 18:41 WIB

TAIPEI, KAMIS - Kementerian kesehatan Taiwan menemukan bahan kimia industri melamin dalam kadar rendah di susu bubuk Nestle yang diproduksi di China.  Menteri Kesehatan Taiwan Yeh Ching-chuan menerangkan kadar melamin antara 0,3-0,85 ppm (parts per million) ditemukan pada susu bubuk dengan merk dagang dari Swiss yang diproduksi di Provinsi Heolongjiang, China timur laut.

"Dosis melamin tersebut tak akan berdampak ke kesehatan manusia...tetapi kami akan tetap menariknya sesuai prosedur yang telah direkomendasikan," kata Yeh Ching-chuan. Yeh menerangkan Taiwan bekerjasama dengan pakar keamanan pangan dari AS, Jepang, Eropa serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memutuskan apakah mengijinkan peredaran produk susu dengan kadar melamin tersebut.
       
Pemerintah Taiwan telah melancarkan pemeriksaan terhadap susu bubuk dan produk lainnya seperti kopi instan, teh susu dan biskuit. Lebih dari 160 produk berkadar protein dari sayuran dan susu China telah ditarik dari sejumlah toko di Taiwan.

Kekhawatiran akan produk yang mengandung melamin tersebut telah memicu kembali ketegangan hubungan antara China dan Taiwan. China dan Taiwan terpecah dalam perang sipil pada tahun 1949. Beijing hingga saat ini masih mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayah teritorialnya.
    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com