Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI dan Telkomsel Garap TKI Hongkong

Kompas.com - 08/09/2008, 04:08 WIB

JAKARTA, SENIN  - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk dengan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) bekerjasama memberikan layanan konvergensi layanan selular dengan perbankan bernama T-Remittance. Kerjasama ini memungkinkan para Tenaga Kerja Indonesia
di luar negeri bisa melakukan transfer uang ke keluarganya di Indonesia secara mudah, cepat, aman dan efisien.

Implementasi T-Remittance dilakukan setelah sukses diuji coba live demo di Hongkong April 2008 lalu dan mendapatkan ijin dari Bank Indonesia selaku regulator pada 12 Agustus 2008, sekaligus awal dari diversifikasi layanan dimana Telkomsel tidak hanya menghadirkan layanan selular tapi juga layanan transaksi kerjasama dengan perbankan.

"Kami berharap kehadiran layanan T-Remittance hasil kerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) ini, dapat menjadi manfaat bagi masyarakat Indonesia yang bekerja di Hong Kong dan keluarganya yang ada di Indonesia dalam hal kemudahan pengiriman uang lintas negara," kata Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (7/9).

Gabungan kedua layanan T-Remittance dan Simpati Kangen di Hong Kong ini, diharapkan dapat menjawab kebutuhan layanan yang ditunggu-tunggu oleh sekitar 120.000 masyarakat Indonesia yang bekerja di Hong Kong, dimana rata-rata berpenghasilan sekitar  3.500 dollar Hongkong (sekitar Rp 4,2 juta) per bulan. Hal ini dikarenakan dalam hubungan anggota keluarga lintas negara, kebutuhan komunikasi dan distribusi uang antar mereka menjadi hal utama.

Sementara Konjen Indonesia di Hongkong Ferry Adamhar memperkirakan jumlah uang yang dikirim para TKI ke tanah air sekitar Rp 5-7 triliun per tahun. Dari jumlah itu, jasa pengiriman uang lewat nonperbankan masih mendominasi, perusahaan jasa di Hongkong sangat agresif mendekati para TKI menawarkan kecepatan pengiriman uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com