Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Perdamaian, Israel Ingin Mundur dari Golan

Kompas.com - 25/04/2008, 02:50 WIB

DAMASKUS, JUMAT  - Presiden Suriah Bashar al-Assad mengungkapkan, Israel telah mengirim pesan ke Damaskus melalui Turki bahwa negara itu ingin mundur dari Dataran Tinggi Golan sebagai pertukaran bagi perdamaian. Demikian sebuah surat kabar bermarkas di Qatar mengatakan Kamis waktu setempat.
   
Di Surat Kabar al-Watan Assad mengatakan, Suriah dan Israel telah bertukar pesan sejak April 2007 melalui PM Turki Recep Tayyip Erdogan. "Erdogan telah mengatakan pada saya bahwa Israel siap untuk mundur dari Golan sebagai pertukaran bagi perdamaian dengan Suriah," kata al Assad.
   
"Upaya penengahan antara Damaskus dan Tel Aviv makin intensif terutama setelah perang di Libanon musim panas 2006 usai," al-Assad menambahkan.

Suriah mengatakan penarikan penuh Israel dari Dataran Tinggi Golan yang mereka rebut dalam perang 1967, merupakan syarat mutlak bagi dimulainya pembicaraan damai. Israel ingin Suriah mengakhiri dukungannya pada kelompok militan Palestina dan Libanon.
   
Penengahan Erdogan sangat berhasil, kata al-Assad. "Kami perlu menemukan landasan persamaan melalui penengah Turki," kata pemimpin Suriah itu. "Tidak akan ada pembicaraan rahasia dengan Israel. Setiap pembicaraan akan diumumkan tapi tidak langsung. Pembicaraan akan diadakan melalui Turki," tambah al-Assad. Erdogan akan berkunjung ke Suriah Sabtu untuk mengambil bagian dalam pertemuan dewan bisnis Suriah-Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com