Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Karya Hitler Ditemukan

Kompas.com - 26/02/2008, 07:55 WIB

NORWEGIA, SELASA--Direktur Museum Norwegia mengklaim pihaknya telah menemukan lukisan kartun karya Adolf Hitler yang dibuat saat Perang Dunia II.

William Hakvaag, direktur museum perang di Norwagia utara itu mengatakan, dia menemukan lukisan itu dengan tandatangan "A. Hitler" yang tersebunyi di lukisan tersebut. Ia pun kemudian membawanya ke sebuah pelelangan di Norwegia.

Lukisan kartun berwarna yang ditemukan itu termasuk sketsa karakter dari film Disney tahun 1937 berjudul Snow White and the Seven Dwarfs yang bertanda A.H. dan sketsa Pinokio tanpa tanda pelukisnya yang diadaptasi dari film Disney tahun 1940.

Namun sejauh ini belum ada lembaga independen yang bisa menyatakan bahwa lukisan-lukisan itu adalah karya pemimpin Nazi itu. Namun semasa hidupnya Hitler memang dikenal memiliki sebuah kopi film Snow White dan juga memiliki beberapa gambar di bioskop pribadinya.

Hakvaag meyakini semua lukisan itu dibuat sejak tahun 1940. "Saya 100 persen yakin bahwa (lukisan-lukisan) itu dibuat oleh Hitler. "Inisial yang terdapat pada sketsa-sketsa itu, dan tandatangan di atas lukisan, sama persis dengan tulisan tangan Hitler," ujar Hakvaag.

"Hitler memiliki satu kopi film Snow White," katanya. "Dia pikir mungkin film tersebut adalah yang terbaik yang pernah dibuat," tambah Hakvaag meyakinkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com