Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah, Clinton Pecat Manajer Kampanye

Kompas.com - 11/02/2008, 05:37 WIB

WASHINGTON, SENIN - Calon kuat Partai Demokrat untuk presiden AS, Hillary Clinton, memecat manajer kampanyenya, Patti Solis Doyle. Sebagai pengganti Doyle, Clinton menunjuk Maggie Williams, orang dekatnya.

Pemecatan ini diumumkan Doyle lewat surat elektronik kepada stafnya, Minggu (10/2) atau Senin (11/2) waktu Indonesia. "Saya bangga mengelola kampanye ini dan lebih bangga lagi menyebut Hillary kawan saya selama 16 tahun. Maggie adalah orang luar biasa dan saya yakin ia akan mengerjakan pekerjaan hebat," tulis Doyle.

Tidak jelas alasan pemecatan itu. Namun pemecatan itu terjadi hanya sehari setelah kekalahan telak Clinton dari pesaingnya Barack Obama di negara bagian Washington, Nebraska dan Louisiana baru-baru ini. Doyle mengatakan ia tetap akan bekerja sebagai penasihat senior untuk Clinton dan kegiatan kampanyenya. Ia juga akan terus bepergian bersama calon presiden AS perempuan pertama itu.

Sedangkan William akan menjalankan tugasnya sebagai manajer kampanye pekan ini. Dalam pernyataannya Clinton memuji Doyle dan ia masih menunggu nasihat-nasihat Doyle selanjutnya. Menurutnya, Doyle telah melakukan pekerjaan luar biasa sampai ia mendapatkan nominasi. "Seperti dikatakan Patti, ini menjadi kampanye presiden paling panjang dalam sejarah dan membutuhkan pengorbanan luar biasa dari tiap orang dan keluar kami," kata Clinton.

Williams sudah lama menjadi orang kepercayaan Clinton. Ia bergabung dengan tim kampanye Clinton setelah kekalahan di kaukus Iowa Januari lalu, ketika memboyong kelompok penasihat baru.

"Patti dan saya telah bekerja bersama Maggie Williams selama lebih dari satu dekade. Saya beruntung mempunyai Maggie dan saya tahu ia akan memimpin kampanye dengan kemampuan tinggi menuju nominasi," tandas Clinton.(AP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com