Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Arloji Mewah Mengarah ke Neoklasikal

Kompas.com - 24/04/2013, 22:07 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BASEL, KOMPAS.com— Para produsen arloji atau jam tangan tak mau kalah dengan teknologi telepon genggam yang kini didominasi telepon cerdas yang juga bisa menunjukkan waktu. Untuk itu, ratusan pembuat arloji kini berlomba juga untuk membuat arloji mewah.

Kantor berita AP, Rabu (24/4/2013), melaporkan, sebuah pameran dagang arloji dunia yang dikenal dengan Baselworld dibuka pekan ini di Basel, Swiss, guna memamerkan dan menawarkan berbagai arloji mewah bernilai tinggi.

Chief Executive Officer Tissot, Francois Thiebaud, menegaskan, tren tahun 2013 adalah arloji mekanis, yang panel penunjuk waktunya ditaburi dengan emas, berlian, dan mutiara. "Tren neoklasikal dengan kemungkinan refleksi dari ketenangan tertentu dalam atmosfer."

Namun, Jacues J Duchene, pimpinan komite yang mewakili 1.460 pembuat jam, ekshibitor, dan pedagang perhiasan dari 40 negara mengakui bahwa arloji mewah menjadi optimistis mereka pada tahun ini. Hal ini kemungkinan merupakan "sebuah pengecualian masalah keuangan yang kini dirasakan banyak industri dan banyak orang di seluruh dunia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com