Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merkel: Thathcer Pemimpin Luar Biasa

Kompas.com - 09/04/2013, 05:21 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Kanselir Jerman Angela Merkel memuji mendiang mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher sebagai pemimpin luar biasa yang berperan penting dalam mengatasi sengketa Perang Dingin Eropa. Thatcher yang dijuluki "wanita besi" meninggal dunia pada Senin (8/4/2013) karena terserang stroke di usia 87 tahun.

"Dia adalah pemimpin luar biasa di kancah politik global," kata Merkel. Merkel mengaku tak akan bisa melupakan jasa Thatcher dalam mengatasi perpecahan di akhir era perang dingin.

Merkel, politisi konservatif yang kerap dibandingkan dengan Thatcher ketika dia menjadi kanselir Jerman pada 2005, mengatakan, Thatcher tidak akan diingat hanya sebagai politisi wanita, tetapi juga sebagai seseorang yang berhasil merintis jejak bagi kaumnya dalam lorong-lorong "kekuasaan". "Ketika dia menjadi politisi demokrat tertinggi, sebagai wanita, dia memberi contoh untuk khalayak luas," kata Merkel.

Dia mengatakan, prinsip dan nilai-nilai yang diemban Thatcher dapat menjadi "mercusuar" saat Eropa masih terkotak-kotakan. "Kebebasan individu berdiri di jantung keyakinannya. Margaret Thatcher mengakui kekuatan gerakan kebebasan dari Eropa Timur dan mendukung mereka." (I029/M014/Tasrief Tarmizi)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com