Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Penjarakan 14 Pegiat Politik

Kompas.com - 09/01/2013, 22:33 WIB

HANOI, KOMPAS.com - Pengadilan Vietnam pada Rabu (9/1/2013)  memutuskan 14 orang pegiat politik bersalah krena berkomplot untuk menumbangkan pemerintahan komunis.

Sebanyak 11 terpidana didakwa menjadi anggota Viet Tan, sebuah kelompok yang bermarkas di Amerika Serikat. Kelompok ini, menurut pemerintah Hanoi, merupakan organisasi teroris.

Mereka -antara lain pelajar maupun penulis blog dan beberapa di antaranya adalah penganut Katolik- ditangkap pada akhir tahun 2011.

Beberapa terdakwa diajatuhi hukuman penjara sampai 13 tahun.

Hukuman penjara yang panjang itu menjadi pertanda dari keingingan pemerintah dalam meningkatkan upaya memberangus pihak-pihak yang menantang otoritas pemerintahan partai tunggal. 

Tindakan Keras

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Vietnam mengatakan hukuman itu sebagai kecenderungan yang berbahaya.

"Kami meminta pemerintah membebaskan para individu tersebut dan juga semua yang ditahan karena keyakinannya secepat mungkin," seperti tertulis dalam pernyataannya.

Sementara lembaga pegiat hak asasi manusia, Human Right Watch, menegaskan bahwa orang-orang yang menggunakan hak asasinya semestiknya tidak ditahan.

Beberapa waktu belakangan, Vietnam mengambil tindakan keras atas orang-orang yang menyatakan pendapat yang bertentangan dengan pemerintah, yang semakin dimungkinkan dengan blog internet.

Akhir tahun 2011, tiga penulis blog dijatuhi hukuman penjara antara empat hingga 12 tahun karena tulisan mereka yang dianggap mengkritik pemerintah.

Hukuman terberat selama 12 tahun dijatuhkan kepada penulis blog terkenal, Nguyen Van Hai, dan seorang mantan polisi perempuan, Ta Phong Tan, diganjar 10 tahun penjara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com