Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.000 WN Romania Hidup Nestapa

Kompas.com - 20/12/2012, 22:17 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BUCHAREST, KOMPAS.com - Para sukarelawan, termasuk Duta Besar Inggris untuk Romania, membagi-bagikan sup panas dan pakaian bagi para tunawisma di Bucharest, ibu kota Romania. Diperkirakan ada sekitar 5.000 orang yang hidup dan tidur dengan kondisi nestapa di negara itu. Padahal musim dingin lagi mencekam.

Kantor berita AP, Kamis (20/12/2012), melaporkan, kondisi para tunawisma ini membuat mereka terancam sakit dan tewas akibat kedinginan. Tahun lalu, dilaporkan sekitar 300  tunawisma di Romania ini tewas akibat kedinginan dan sakit.

Puluhan tunawisma di Romania menerima sup panas, teh dan kopi di tengah suhu minus 5 derejat celcius di luar stasiun kereta api Gara de Nord. Lokasi ini merupakan tempat favorit bagi para tunawisma untuk bisa tidur di Bucharest, kota dengan dua juta penduduk.

Pejabat badan sosial, Ian Tilling, mengatakan, tujuan aksi itu untuk menumbuhkan kesadaran akan pengalaman yang sulit dari para tunawisma, terutama dalam menemukan tempat bernaung dan pangan. Ini merupakan hak dasar dari setiap manusia.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com