Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Serang Pearl Harbor 71 Tahun Lalu

Kompas.com - 07/12/2012, 22:41 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PEARL HARBOR, KOMPAS.com Tepat pukul 07.55 pagi, hari Jumat (7/12/2012) ini 71 tahun lalu, pesawat tempur Jepang menyerang pangkalan militer Amerika Serikat Pearl Harbor di Hawaii. Serangan ini menyebabkan ribuan pasukan AS dan warga sipil tewas. Peringatan atas serangan ini dilaksanakan di Pearl Harbor, Jumat.

Kantor berita AP melaporkan, lebih dari 2.000 orang ambil bagian dalam peringatan 71 tahun serangan Jepang atas Pearl Harbor. Serangan Jepang ini menghancurkan sejumlah kapal perang AS, tetapi peristiwa ini menarik keterlibatan militer AS dalam Perang Dunia II.

Acara peringatan serangan Pearl Harbor diwarnai dengan diam tepat pada pukul 07.55 pagi, saat serangan pesawat terbang Jepang dimulai. Para awak kapal perusak dengan peluru kendali akan berlayar melintasi kapal perang USS Arizona, sebuah kapal perang yang menjadi korban serangan Jepang. Bangkai kapal itu masih dibiarkan tergolek di Pearl Harbor, sebagaimana kondisi tujuh dekade lalu.

Pesawat milik Garda Nasional Udara Hawaii juga meramaikan peringatan serangan udara Jepang ini dengan terbang formasi di atas lokasi Pearl Harbor.

Badan Taman Nasional dan AL AS mengadakan peringatan serangan ini guna mengenang 2.390 personel AL dan 49 warga sipil yang tewas akibat serangan udara Jepang saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com