Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pakistan Uji Coba Misil Balistik

Kompas.com - 28/11/2012, 14:22 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Militer Pakistan, Rabu (28/11/2012), melakukan uji coba misil balistik dengan jarak jelajah hingga 1.300 km. Pihak militer menyebut misil Hatf V Ghauri adalah misil berbahan bakar cair dan mambu membawa hulu ledak konvensional maupun nuklir.'

Ini adalah uji coba misil kedelapan Pakistan sepanjang tahun 2012 dan hanya berselang dua bulan dari uji coba misil Hatf-VII yang mampu mencapai sasaran sejauh 700 km.

Lima uji coba misil sebelulmnya dilakukan dalam beberapa pekan setelah seteru Pakistan, India pada April lalu sukses melakukan uji coba misil Agni V. Misil buatan India itu mampu membawa hulu ledak nuklir seberat satu ton dan bisa mencapai sasaran di berbagai lokasi di China.

India dan Pakistan sudah lama saling bersaing dan kedua negara setidaknya sudah terlibat tiga kali perang, dua kali perang di antaranya memperebutkan wilayah sengketa Kashmir.

Selain itu, kedua negara juga secara rutin melakukan uji coba penembakan misil jarak jauh dan mendemonstrasikan kemampuan persenjataan nuklirnya pada 1998.

Sejumlah analis mengatakan prioritas strategis utama India adalah China, sementara Pakistan masih merasa terus tersaingi tetangganya di sebelah timur ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com