Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Kedua bagi Capres AS Digelar Besok

Kompas.com - 16/10/2012, 14:25 WIB

HEMPSTEAD, KOMPAS.com - Pertemuan "balai kota", yang digelar untuk menghadapkan Presiden Barack Obama dengan saingannya Mitt Romney pada Selasa (16/10) malam (Rabu WIB), bisa menjadi debat paling menarik di antara mereka, dengan syarat moderator acara tersebut mengambil kendali seperti yang ia janjikan.

Candy Crowley dari CNN akan menjadi tuan rumah malam debat yang akan berlangsung di Hofstra University di Hempstead, New York, di depan sekitar 80 orang, yang belum memutuskan akan memilih siapa di antara kedua kandidat presiden itu. Kedelapan puluh orang itu akan hadir setelah menjalani seleksi oleh kelompok jajak Gallup.

Format debat, yang mulai dipakai 20 tahun lalu, memberikan kesempatan pamer kekuatan sebanyak tiga kali kepada Obama dan Romney untuk menyampaikan materi secara tatap muka kepada para pemilih Amerika ketika mereka menyampaikan pertanyaan tentang kebijakan dalam dan luar negeri.

Namun, kedua kubu dalam sebuah memo tampaknya sepakat untuk mencoba dan membatasi peranan Crowley selama debat karena ditakutkan ia akan menggunakan kesempatan untuk menyetir pertanyaan-pertanyaan penonton atau melenceng dari topik. "Untuk mengatur saat berbicara selama dua menit, moderator tidak akan mengulang pertanyaan atau mengajukan topik baru," demikian menurut salinan memo yang didapatkan oleh majalah TIME, Minggu.

"Moderator tidak akan menindaklanjuti pertanyaan atau komentar terhadap pertanyaan yang diajukan oleh penonton ataupun jawaban-jawaban para kandidat selama acara debat atau sebaliknya melakukan intervensi," kecuali menunjuk para penanya, menegaskan batas waktu atau mengundang tanggapan.

Tidak ada bukti yang menyatakan bahwa Crowley menjadi bagian dari kesepakatan tersebut, dan ia menekankan niatnya untuk memperluas pembicaraan jika diperlukan.  "Begitu tempat diisi oleh para penanya, akan ada waktu untuk saya mengatakan, ’Hei, sebentar, bagaimana dengan X, Y dan Z? Atau anda mengatakan ini, anda mengatakan itu,’" kata Crowley kepada CNN awal bulan ini.

Crowley akan bertemu dengan para penonton sebelum acara debat berlangsung dan pada kesempatan itu mereka akan mengungkapkan pertanyaan apa yang ingin disampaikan kepada kedua kandidat.  "Dia (Crowley) akan bertanggung jawab penuh menyangkut pertanyaan apa yang akan diajukan, urutan pertanyaan, dan ia akan mengajak partisipasi warga," kata Peter Eyre, petugas penghubung media kepada Komisi Debat Presiden, yang telah mensponsori acara debat sejak tahun 1988.

Acara debat pertama calon presiden di Denver, Colorado, menghadirkan Obama dan Romney dengan keduanya berdiri di podium sementara moderator duduk di depan meja dan para penonton diminta untuk tetap diam selama acara yang berlangsung 90 menit itu.

Dengan kemungkinan 10 juta orang menonton acara debat hari Selasa, Obama berada di bawah tekanan untuk tampil lebih baik.

Para pakar mengatakan bahwa format yang lebih intim dan informal bisa membantu Presiden Obama untuk bersinar jika ia menggunakan keahliannya menghadapi orang.

Romney selama ini dikritik tampil kaku dalam rangkaian kampanye dan wawancara di televisi.

Kepribadiannya yang serius bisa jadi telah membantunya dalam acara debat pertama namun ia harus menyesuaikan diri lagi untuk menghadapi debat berikutnya hari Selasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com