Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Ki-moon Rayakan Ultah Pernikahan di Bogor

Kompas.com - 20/03/2012, 17:39 WIB
Hindra Liu

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Kesibukannya menjadi Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa tidak membuat Ban Ki-moon melupakan hari jadi ke-41 pernikahannya dengan Ban Soon-taek. Tahun ini hari istimewa itu jatuh tepat ketika pasangan ini melawat ke Indonesia, Selasa (20/3/2012).

Ban, yang tengah berkunjung ke Indonesia Peacekeeping and Security Center (IPSC) di Sentul, Bogor, Selasa (20/3/2012), dan istrinya, Ban Soon-taek, merayakannya di sebuah ruangannya di kompleks pelatihan seluas 261 hektar tersebut. Perayaan sederhana dengan pemotongan nasi tumpeng ini tak lepas dari hadiah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pemotongan tumpeng ini dilakukan secara tertutup di ketika makan siang di sebuah ruang di IPSC. Dalam foto yang diunggah di akun Facebook United Nations Information Centre - Jakarta, terlihat Ban didampingi Presiden dan Ny Marty Natalegawa.

Ibu Negara Ani Yudhoyono, yang baru saja menjalani operasi pengangkatan kandung empedu beserta batunya, tak tampak pada Selasa ini.

Pada foto tersebut, terlihat mantan Menteri Luar Negeri Korea Selatan itu memotong tumpeng tersebut. Di sampingnya sang istri tercinta yang mengenakan baju biru terlihat memegang dengan potongan tumpeng di atasnya.

Ban dan istrinya menikah pada tahun 1971 dan dikaruniai dua anak perempuan dan satu laki-laki. Mereka adalah Seon-yon, Woo-hyun, dan Hyun-hee.

Sebelumnya, seusai pertemuan bilateral dengan Presiden, Ban menyerukan segera diakhirinya aksi kekerasan di Suriah yang telah menelan tak kurang dari 8.000 jiwa itu. Menurutnya, situasi Suriah sudah tidak bisa ditoleransi.

"Saya telah melihat asa bahwa komunitas internasional akan terus bersuara dalam satu suara. Secara khusus kepada Dewan Keamanan PBB, saya berharap mereka dapat bersatu sehingga dapat berseru dalam satu suara," kata Ban di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/3/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com