Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah China Bantu Rp 140 Miliar Muslim China

Kompas.com - 08/11/2011, 19:56 WIB
Subhan SD

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah Komunis China memberi bantuan kepada umat Muslim setempat yaitu senilai 100 juta Yuan atau sekitar Rp 140 miliar tahun ini.

Dana itu digunakan untuk pengembangan dan pembangunan komunitas Muslim yang di China jumlahnya sekitar 23 juta orang.

Menurut Wakil Ketua Asosiasi Islam China, Mustafa Yang Zhibo di Beijing, kepada wartawan Kompas, Mohammad Subhan SD, Selasa (8/11/2011), dana itu digunakan untuk mengembangkan Islam di China, baik dalam hal bidang pendidikan maupun ekonomi.

Saat ini di China ada 10 institut agama Islam, 35.000 masjid, dan 45.000 imam. Sejak era keterbukaan, Islam kian berkembang pesat. Pemerintah setempat membuat kebijakan tidak ikut campur dalam urusan agama.

Karena itulah, semua agama yang ada di China, menurut Mustafa Yang Zhibo, berkembang secara baik."Pemerintah tidak ikut campur tangan. Bahkan pihak yang ikut campur tangan akan mendapat sanksi hukum," tambah Badruddin Guo Chengzhen, wakil ketua asosiasi yang merangkap sekretaris jenderal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com