Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Al Qaeda Kaukasus Utara Tewas

Kompas.com - 05/05/2011, 10:11 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Abdullah Kurdi, utusan Al Qaeda di Kaukasus Utara dan kepala koordinator urusan internasional jaringan teroris itu di wilayah bergolak tersebut, tewas dalam operasi khusus di Chechnya, kata Komite Kontraterorisme Rusia, Rabu (4/5/2011).

"Di Republik Chechnya, Abdullah Kurdi adalah anggota kelompok-kelompok Arab yang disebut Al Qaeda di bawah komando Khattab, Abu al Walid, dan Abu Havs, aktivitas ... yang ditumpas sebelumnya oleh Dinas Keamanan Federal Rusia dengan partisipasi dari aparat penegak hukum," kata komite itu dalam sebuah pernyataan.

Mereka menambahkan, Kurdi mengambil kendali Al Qaeda Kaukasus Utara  setelah kelompok itu hancur. Abdullah Kurdi bersama dalang lain teroris Kaukasus Utara, Doku Umarov, mengorganisasikan sebagian besar serangan teroris yang melibatkan pelaku bom bunuh diri di Rusia.

Kurdi juga koordinator arus masuk keuangan asing untuk para penjahat. Kurdi datang ke Kaukasus Utara Rusia tahun 1991 melalui Gorge Pankisi di Georgia.

Kematian Kurdi menyusul tewasnya Osama bin Laden, pemimpin jaringan Al Qaeda global, di Pakistan pada Minggu lalu oleh pasukan khusus Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com