Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerilyawan Peru Rekrut Anak-anak

Kompas.com - 23/08/2010, 09:40 WIB

LIMA, KOMPAS.com - Gerilyawan sayap kiri Peru, Jalan Terang, merekrut anak-anak lalu melatih mereka bertempur dan menyelundupkanan narkotika, kata seorang jenderal Angkatan Darat Peru, Minggu (22/8).

"Mereka merekrut anak-anak secara paksa dan mengindoktrinasi mereka di berbagai sekolah Jalan Terang. Mereka menyebut anak-anak tersebut pelopor," kata Kepala Kontra-Pemberontakan bagi Wilayah Selatan di Lembah Apurimac, Jenderal Leonel Cabrera, kepada wartawan. Ia menyatakan seorang petempur cilik yang bernama Alcides diselamatkan baru-baru ini dalam serangan militer terhadap satu kamp pemberontak di daerah tersebut.

Cabrera mengatakan faksi Jalan Terang yang terlibat di dalam rekrutmen anak-anak dipimpin oleh Victor Quispe Palomino dan dua saudaranya, yang telah mengubah satuan pemberontak itu jadi klan keluarga yang beroperasi seperti perluasan kelompok penyelundup narkotika.

Kelompok hak asasi manusia Peru telah melaporkan ke PBB sejak Agustus tahun lalu mengenai taktik perekrutan anak-anak oleh pemberontak. Jalan Terang, yang diduga bertanggung jawab atas lebih dari 70.000 korban jiwa antara 1980 dan 2000, nyaris hancur selama masa jabatan mantan presiden Alberto Fujimori (1990-2000).

Selain perjuangan anti-pemerintah Jalan Terang selama beberapa dasawarsa, kata Cabrera kepada kantor berita Andina, sisa kelompok pemberontakan itu sangat aktif terlibat dalam penyelundupan narkotika dan pembalakan liar, terutama di sepanjang wilayah Lembah Apurimac.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com