Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Ucapkan Selamat Berpuasa

Kompas.com - 12/08/2010, 11:50 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Rabu (11/8/2010), mengucapkan selamat berpuasa bagi warga Muslim di AS dan di seluruh dunia saat mereka memasuki bulan suci Ramadhan.

"Kita semua harus ingat bahwa dunia yang ingin kita bangun, dan perubahan yang ingin kita buat, harus dimulai dari dalam hati kita, dan masyarakat kita sendiri," kata Obama dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton juga mengeluarkan sebuah ucapan hari raya tradisional, Ramadhan Kareem. "Ramadhan adalah waktu untuk berefleksi diri dan berbagi. Muslim Amerika membuat kontribusi berharga untuk negara kita setiap hari dan jutaan orang akan menghormati bulan ini dengan tindakan melayani dan berbuat bagi komunitas mereka," kata Hillary.

Baik Clinton maupun Obama menjadi tuan rumah acara buka puasa (iftar). Clinton menjadi tuan rumah sebuah acara buka puasa dengan puluhan tamu dari kedutaan besar di Washington, sementara Obama menerima tamu untuk jamuan di Gedung Putih.

Obama mengatakan, "Ritual Ramadhan mengingatkan kita pada prinsip-prinsip yang kita yakini bersama, dan peran Islam dalam meningkatkan keadilan, kemajuan, toleransi, dan martabat semua manusia. Di sini, di Amerika Serikat, Ramadhan adalah sebuah pengingat bahwa Islam selalu menjadi bagian dari Amerika dan bahwa Muslim Amerika telah memberikan kontribusi luar biasa untuk negara kita."

"Dan hari ini, saya ingin menyampaikan harapannya untuk 1,5 miliar warga Muslim di seluruh dunia—dan kepada keluarga Anda dan teman-teman—saat Anda menyambut awal Ramadhan," katanya. "Semoaga damai sejahtera, Allah bersama Anda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com