Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Kelompok Kiri Paraguay Tewas

Kompas.com - 29/07/2010, 11:58 WIB

ASUNCION, KOMPAS.com — Polisi Paraguay menembak mati seorang pemimpin kelompok kiri bersenjata yang dipersalahkan karena pembunuhan dan penculikan dalam sebuah pertempuran di wilayah perbatasan, Rabu.

Presiden berhaluan kiri, Fernando Lugo, telah berada di bawah tekanan untuk melacak tokoh-tokoh kunci dalam Tentara Rakyat Paraguay (EPP), sebuah kelompok bersenjata kecil yang dilatih oleh pemberontak Kolombia dan aktif di daerah yang ditumbuhi mariyuana di utara. Pemimpin EPP, Severiano Martinez, yang merupakan salah satu buronan paling dicari di negara itu, dilacak oleh polisi di bagian Chaco yang berbatasan dengan wilayah Bolivia.

"Mereka mengatakan kepada kami bahwa dia terkunci, mereka memberinya peringatan dan dia menanggapinya dengan menembaki petugas, yang pada gilirannya membalas tembakan sehingga menyebabkan terjadinya pertempuran," kata Menteri Dalam Negeri, Rafael Filizzola, dalam konferensi pers.

Filizzola mengatakan, lima perintah penangkapan telah diterbitkan untuk Martinez, yang dituduh menculik dan membunuh putri mantan Presiden Raul Cubas tahun 2004. Presiden Lugo mengirim polisi dan pasukan tambahan pada awal tahun ini ke daerah-daerah yang berbatasan dengan Brasil dan Bolivia untuk melacak anggota kelompok itu, yang diyakini jumlahnya sekitar 100 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com