Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara NATO Parade di Lapangan Merah

Kompas.com - 10/05/2010, 01:11 WIB

MOSKOWA, KOMPAS.com - Tentara dari empat negara NATO berparade di sepanjang Lapangan Merah Moskowa untuk pertama kalinya, Minggu (9/5), sebagai bagian dari parade spektakuler memperingati 65 tahun kemenangan dalam Perang Dunia II.

Tentara Inggris, Perancis, Polandia dan Amerika Serikat berbaris di sepanjang lapangan dalam siraman matahari yang cerah, dalam parade yang juga termasuk menampilkan contoh-contoh persenjataan rudal antar-benua yang mampu membawa nuklir Rusia. Batalyon pertama Inggris, Pengawal Welsh, berbaris dalam seragam upacara merah mereka, termasuk topi tradisional dari kulit beruang.

Perancis diwakili skuadron Mormandie-Niemen, yang dibentuk sejak Perang Dunia II dan bertempur di medan pertempuran Timur. Tujuh puluh lima anggota batalyon Polandia berbaris dalam seragam upacara mewakili angkatan darat, angkatan udara dan angkatan laut pasukan angkatan bersenjata Polandia.

Amerika Serikat mengirim satu detasemen dari Batalyon Kedua, Resimen Ke-18, yang berpangkalan di Jerman.

Pasukan-pasukan itu berbaris bersama dengan tentara dari delapan bekas republik Soviet, dan sekitar 10.000 anggota militer Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com