Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madhuri Gupta Ditangkap Pakistan

Kompas.com - 28/04/2010, 04:39 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang wanita diplomat India, yang ditugaskan di Komisi Tinggi India di Pakistan, ditangkap atas tuduhan spionase untuk kepentingan Pakistan, kata Menteri Dalam Negeri Pakistan, G. K. Pillai, Selasa (27/4/2010).

Madhuri Gupta, pejabat sekretaris II berusia 53 tahun, ditangkap empat hari lalu dari kediamannya di Delhi timur karena dituduh memberikan informasi kepada agen intelijen Pakistan di Islamabad.

Wanita diplomat karir itu sebelumnya dipanggil oleh Kementerian Urusan Dalam Negeri dengan dalih mendiskusikan tentang pertemuan puncak Perhimpunan Asia Selatan untuk Kerja Sama Regional (SAARC) di Bhutan.

"Madhuri Gupta menyerahkan informasi kepada agen spionase Pakistan. Ia telah ditangkap," kata Mendagri GK Pillai kepada wartawan.

Pejabat itu telah ditahajan kini berada di dalam tahanan kepolisian, kata beberapa sumber.

Kantor Berita India (PTI) melaporkan, Kepala Research and Analysis Wing (RAW), organ dinas rahasia India di Islamabad, R. K. Sharma, juga diperiksa.

"Madhuri Gupta dituding memberikan informasi rahasia dari Misi India di Islamabad itu kepada personal kontaknya di dinas rahasia Pakistan (Inter-Service Intelligence/ISI) hingga gerakan-gerakannya berada di bawah pengawasan dinas rahasia Pakistan tersebut," kata PTI.

Kantor Berita Indo-Asia News (IANS) mengatakan wanita diplomat itu awalnya bekerja di Dewan India untuk Urusan Internasional (ICWA) - dewan pemikir kebijakan luar negeri India - sebelum ditempatkan di Komisi Tinggi India di Islamabad.

"Keahliannya dan kefasihannya dalam bahasa Urdu membuat ia dipilih untuk ditempatkan di Pakistan," kata IANS.

Wanita itu diajukan ke pengadilan pada Senin setelah ia dikirim ke tahanan kepolisian. Hubungan antara India dan Pakistan masih diwarnai ketegangan menyusul serangan bom bunuh diri di Mumbai pada November 2008.

India juga menuduh Pakistan mengizinkan kelompok garis keras menyeberangi Kashmir yang diperintah India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com