Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peru Memberi Delapan Helikopter Rusia

Kompas.com - 24/04/2010, 00:19 WIB

LIMA, KOMPAS.com - Peru mengumumkan akan membeli delapan helikopter baru buatan Rusia untuk memerangi para pedagang narkoba dan sisa-sisa anggota kelompok gerilyawan Jalan Terang.

"Helikopter-helikopter itu akan digunakan untuk mendukung operasi-operasi militer dalam memerangi terorisme narkotika di Apurimac dan daerah lembah Ene," kata Menteri Pertahanan Rafael, Jumat (23/4/2010).

Daerah hutan yang banyak tumbuh koka, terletak di lereng timur pegunungan Andes sekitar 550km tenggara Lima lebih dikenal dengan akrionimnya VRAE.

Pada Agustus 2009, pemerintah Presiden Alan Garcia mengumumkan daerah itu sebagai satu zona perang karena kehadiran pemberontak Jalan Terang dan para pedagang narkoba.

Rey mengatakan pesawat itu - enam helikopter transpor militer MI 17 dan dua helikopter tempur MI 35 seharga 250 juta dolar.

Jalan Terang, satu kelompok pemberontak Maois, adalah ancaman terhadap pemerintah Peru dalam tahun 1980-an tetapi sebagian besar telah ditumpas awal tahun 1990-an.

Sejumlah kecil pemberontak lari ke daerah terpencil dan tetap aktif selama beberapa tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com