Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Jacko Hanya Didakwa Membunuh, Keluarga Kecewa

Kompas.com - 10/02/2010, 04:23 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Dokter bintang pop, Michael Jackson, Conrad Murray, dituduh melakukan pembunuhan dengan sengaja terhadap "Jacko" dengan memberikan obat-obatan.

Dalam pengadilan perdananya di Los Angeles kemarin, Murray (57) mengaku tidak bersalah dan dia dibebaskan dengan jaminan uang sekitar Rp 700 juta. Namun demikian ia masih harus mengikuti persidangan lagi sebelum 5 April, jika terbukti bersalah ia bisa dikenakan hukuman empat tahun penjara.

Keberadaan dokter Murray telah diselidiki polisi hampir sejak tubuh penyanyi pop itu ditemukan di rumahnya di Los Angeles pada Juni tahun lalu. Beberapa penggemar Jackson kemarin meneriaki Murray sebagai pembunuh saat ia memasuki gedung pengadilan.

Seperti diketahui, Murray adalah dokter yang ditunjuk oleh Jackson. Ia dijanjikan bayaran sebesar $ 150.000 per bulan untuk membantu penyanyi itu melewati serangkaian pertunjukkan di London.

Murray memberi sebuah resep obat untuk membantu tidur Jacko. Dia menyatakan tidak ada yang ilegal dalam resep obat tersebut. Namun, berkat obat itu, ia dikenakan tuduhan pembunuhan lantaran memberikan obat bius berupa propofol penenang tanpa hati-hati dan membunuh Michael Jackson.

Murray terbang dari rumahnya di Houston ke Los Angeles pekan lalu untuk negosiasi antara jaksa dan pengacaranya soal dirinya yang diminta menyerah.

Sebuah laporan tentang koroner yang dirilis pada Agustus mengatakan Jacko meninggal karena obat-obatan, termasuk propofol, yang diakui sebagai pemberain Murray. Propofol sering digunakan sebagai obat bius dalam operasi, tetapi digunakan pada Jacko untuk membantunya tidur.

Dokter itu memberikan obat dan pada paginya Jackson meninggal. Saat itu sang dokter tidak ada di ruangan. Setelah kembali, penyanyi telah meninggal.

Ahli hukum mengatakan kasus ini cukup rumit dan berlarut-larut, karena akan melibatkan ahli medis terkait bagaimana etika pemberian propofol.

Orangtua Jacko, Kathryn dan Joe, kemarin berada di pengadilan kemarin bersama dengan saudara-saudaranya La Toya, Jermaine, Tito, Jackie dan Randy. Brian Oxman, pengacara Joe Jackson mengatakan beberapa anggota keluarganya kecewa bahwa dokter hanya didakwa dengan pembunuhan disengaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com