Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel: Laporan PBB Anti-Yahudi

Kompas.com - 25/01/2010, 21:01 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Israel pada Senin (25/1/2010) mengecam keras laporan PBB soal serangan Israel ke Gaza. Mereka menyebutnya sebagai tindakan anti-Yahudi. Israel telah mempersiapkan tanggapan secara resmi atas tuduhan kejahatan perang yang dilakukan Israel atas agresi militernya selama 22 hari ke Jalur Gaza pada musim dingin lalu.
   
"Laporan Goldstone yang dipublikasikan di Swedia mengenai pengambilan organ warga Palestina yang merupakan korban perang dan laporan-laporan serupa itu jelas-jelas anti-Semitisme," kata Menteri Diaspora dan Informasi Israel Yuli Edelstein kepada kantor berita Ynet menjelang perjalanannya ke New York, tempat ia menyampaikan bantahan Israel kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Kamis.
   
Ynet melaporkan bahwa Israel telah menyiapkan suatu serangan menyeluruh terhadap laporan itu, bertalian dengan peringatan hari pembebasan kamp konsentrasi Auschwitz Nazi tahun 1945 pada Rabu di Polandia. "Menghubungkan antara Laporan Goldstone dan hari peringatan Holocaust internasional adalah sesuatu yang tidak mudah. Di sisi lain, bagaimanapun, kita harus belajar dari apa yang telah terjadi," kata Edelstein.
   
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang akan menghadiri peringatan itu di Auschwitz, pada hari Minggu mengatakan bahwa sikap anti-Semitisme sedang meningkat sejak Israel menyerang Gaza setahun silam, yang menewaskan 1.400 warga Palestina.
   
Tercatat 13 warga Israel tewas dalam serangan ke Gaza tersebut. "Perang terhadap anti-Semitisme lebih penting dari sebelumnya karena saat ini jumlah anti-Semitisme kian meningkat sejak serangan Israel ke Gaza tersebut," kata Netanyahu.
   
November lalu, Sidang Majelis Umum PBB mengesahkan Laporan Goldstone itu dan menyerukan Israel dan Palestina untuk melakukan penyelidikan secara independen dan jujur sesuai dengan standar internasional. Hasilnya akan disampaikan pada 5 Februari.
  
Israel secara resmi tidak mengakui Laporan Goldstone. Namun mereka berencana menyampaikan kepada PBB tentang kemajuan penyelidikan mengenai tingkah laku tentara Israel selama serangan militer ke Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com