Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Targetkan Serang Perayaan Asyura

Kompas.com - 28/12/2009, 01:17 WIB

KARBALA, KOMPAS.com - Perayaan hari Asyura di sejumlah kota di Irak kemarin ternyata menjadi target serangan jaringan Al Qaeda. Dua anggota jaringan ini, dibekuk militer Irak di sebelah utara pusat kota suci Karbala.

"Mereka punya rencana menyerang pengunjung dan bahkan telag memasukkan beberapa IEDs (alat peledak ) di jalan utama," Jenderal Usman Al-Ghanemi, komandan operasi militer dalam jumpa pers, Minggu.

Sekitar tiga juta orang kemarin memadati jalan-jalan di Karbala untuk memeringati meninggalnya Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad SAW. "Selama 10 hari, kami telah menerima sekitar enam juta pengunjung yang datang dari seluruh penjuru Irak, sebagian datang dengan berjalan kaki," Wakil Gubernur Karbala, Nasaeef Jassim.

Dia mengatakan, di antara para peziarah itu terdapat 105.000 orang dari luar negeri. Kebanyakan mereka berasal dari negara-negara Teluk, serta beberapa negara lain termasuk Pakistan, penganut Syi'ah.

Pasukan keamanan Irak Minggu kemarin telah menjinakkan sembilan bom saat jutaan warga merayakan hari Asyura. Namun sebuah bom meledak di kota Tuz Khurmatu, menewaskan lima orang dan melukai 27, termasuk lima wanita dan seorang polisi.

Serangan itu terjadi sehari setelah tiga warga Syiah tewas dalam serangan bom saat prosesi Asyura di Baghdad. Sejak Selasa lalu, sebanyak 33 orang telah tewas dan lebih dari 160 terluka dalam kekerasan saat hari Asyura, termasuk serangan terhadap jemaah di Karbala dan Baghdad awal pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com