Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karzai Unggul Sementara dalam Pilpres Afganistan

Kompas.com - 26/08/2009, 08:19 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Presiden incumbent Hamid Karzai unggul tipis dalam pemilihan presiden Afganistan, dengan hanya unggul 2 persen ketimbang saingan terdekatnya. Demikian hasil bagian pertama pilpres yang diumumkan oleh komisi pemilihan umum, Selasa (25/8).

Hasil sebagian itu berjumlah sekitar 10 persen dari semua suara yang diberikan dalam pemilihan presiden langsung yang baru kedua kali di Afganistan, Kamis lalu.

"Dari 524.444 suara yang sah, Bapak Hamid Karzai mendapat 212.927 suara dan Yang Mulia Abdullah Abdullah memperoleh 202.889 suara," kata Daud Najafi, Kepala Pejabat di Komisi Pemilihan Umum Independen (IEC) dilansir AFP. Hasil itu memberi Karzai 40,6 persen dari suara pendahuluan yang diumumkan dan Abdullah 38,6 persen.

Ramazan Bashardost, seorang anggota parlemen terkenal yang berkemah di sebuah tenda di dekat parlemen dan berkampanye melawan korupsi, mendapat 53.740 suara dan mantan ahli ekonomi Bank Dunia Ashraf Ghani 15.143 suara. "Saya ulangi lagi, ini hasil sebagian sekitar 10 persen dari semua suara. Saya ulangi lagi, ini pasti akan berubah besok, dan hari setelah besok. Ini hanya hasil sebagian," kata Najafi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com