Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Besar Ditembak Mati di Rusia

Kompas.com - 26/05/2009, 08:05 WIB

MAKHACHKALA, KOMPAS.com — Seorang ulama senior Muslim ditembak hingga tewas, Senin (25/5), di ibu kota wilayah Dagestan yang bergolak di Rusia selatan.

Kantor berita Interfax melaporkan, Akhmed Tagayev adalah wakil mufti di Direktorat Keulamaan Muslim Dagestan dan dianggap sebagai penentang utama ekstremisme agama di antara umat Islam.

"Seorang penjahat tak dikenal telah menembak Tagayev di kepalanya dari sebuah pistol pada pukul 22.35 dan melarikan diri mungkin dengan menggunakan mobil. Wakil mufti itu tewas seketika akibat luka di kepala," kata seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri wilayah Dagestan seperti dikutip oleh Interfax.

Dagestan berbatasan dengan Chechnya, tempat Rusia telah berperang selama dua tahun sejak pertengahan tahun 1990-an untuk menghancurkan aksi separatis Muslim. Ketika keamanan di Chechnya meningkat, ketidakstabilan memburuk di tempat lain, tempat kemiskinan dan kekerasan memberikan dasar perekrutan yang subur bagi gerilyawan Islam dan petempur.

Televisi Rusia Vesti melaporkan secara terpisah, Senin, bahwa empat polisi dari Chechnya telah tewas dalam operasi khusus di Ingushetia, republik tetangga Kaukasus Utara yang menghadapi kesulitan di Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com