Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Rangkul Musuh untuk Perkuat AS

Kompas.com - 20/04/2009, 15:45 WIB

PORT-OF-SPAIN, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama menekankan, upayanya memperkuat pengaruh AS adalah dengan merangkul negara-negara yang selama ini dianggap sebagai musuh AS. Dalam kunjungan selama selama 4 hari di Amerika Latin, Obama ingin memastikan AS sebagai negara pemimpin dan bukan pendikte demokrasi.

Doktrin luar negeri Obama itu dimunculkannya dalam kunjungan ke wilayah yang masih menunjukkan penentangan terhadap AS. Dalam kunjungan tersebut, Obama disambut dengan senyum, jabat tangan bahkan sebuah hadiah dari pemimpin beraliran sayap kiri Venezuela, Hugo Chavez.

Obama juga berupaya merangkul hubungan baru dengan Presiden Kuba Raul Castro yang selama ini terisolir. Obama memastikan akan mencabut rintangan untuk membuka hubungan dengan negara-negara yang selama ini memusuhi AS. Saat merampungkan kunjungan di Trinidad dan Tobago, Obama menyebutkan peran penting Presiden Raul Castro untuk memperlancar pembenahan hubungan Kuba dengan AS.

Obama menjelaskan, Raul Castro seharusnya membebaskan seluruh tahanan politik, mendukung kebebasan demokrasi, serta memotong biaya yang dikenakan pada uang yang dikirim warga AS keturunan Kuba ke keluarganya. Obama telah mencabut beberapa pengekangan terhadap Kuba dan Raul Castro meresponsnya dengan upaya rekonsiliasi secara meluas.

"Raul Castro telah bersedia membuka dialog dengan AS tidak hanya untuk urusan embargo, tetapi juga masalah HAM, serta tahanan politik. Ini merupakan sebuah isyarat perkembangan positif," tegas Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com