Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS Ungguli Demokrat di Jepang

Kompas.com - 20/04/2009, 13:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penghitungan suara di PPLN Tokyo Jepang, Sabtu (18/4), berakhir dengan menempatkan Partai Keadilan Sejahtera sebagai pemenang dengan mengantongi 1.212 suara (37,1 persen) dari total 3.267 suara sah. Disusul oleh Partai Demokrat 877 suara (26,8 persen) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 267 suara (8,2 persen). Data dari PPLN Osaka dilaporkan, dari total 752 suara sah, PKS meraup 276 suara (36,7 persen) mengungguli Demokrat 237 suara (31,5 persen) dan Golkar 60 suara (7,9 persen).

Demikian siaran pers yang diterima Kompas di Jakarta, Senin (20/4), dari Ketua Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera (PIP-PKS) Jepang Muhammad Itqon.

Dengan hasil akhir ini berarti PKS mengokohkan dirinya kembali sebagai pemenang Pemilu 2009 di seluruh Jepang. "Bersyukur karena perjuangan kami masih didukung oleh sebagian besar WNI di Jepang, walau sangat disayangkan jumlah pemilih mengalami penurunan cukup tajam dibanding dengan Pemilu 2004 lalu," ujarnya.

Tentang tingginya angka golput, Muhammad Itqon mengatakan bahwa hal itu terjadi karena kepercayaan masyarakat terhadap partai politik makin berkurang. "Kami sangat prihatin, dan PKS sebagai salah satu partai politik merasa ikut bertanggung jawab. Karenanya, kami akan terus memelopori dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dengan memberikan contoh-contoh bagaimana berpolitik yang baik," ujarnya.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com