Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Memperdalam Kemitraan dengan China

Kompas.com - 22/02/2009, 14:59 WIB

BEIJING, MINGGU — Menlu Amerika Serikat Hillary Clinton menyerukan kemitraan lebih akrab antara China dan negaranya soal ekonomi dan perubahan iklim.

Hillary, yang tengah berkunjung ke Beijing, Minggu (22/2), mengatakan, China dan AS harus bekerja sama dalam krisis ekonomi global, perubahan iklim, dan beberapa isu penting lain.

Hillary mengatakan, aksi bersama oleh dua negara adidaya akan mendukung pemulihan dunia. Ia mengisyaratkan bahwa kerja sama akan diutamakan di atas titik perbedaan pandangan, seperti isu HAM dan Tibet.

Menlu China Yang Jiechi mengatakan, krisis ekonomi masih berlangsung dan menyebar, dan bahwa China dan AS menolak proteksionisme sebagai solusi.

Hillary mengatakan, Presiden Obama akan bertemu dengan Presiden China Hu Jintao di sela-sela pertemuan puncak G-20 di ibu kota Inggris, London, April mendatang. "Kami ingin memperdalam dan memperluas hubungan kami," kata Hillary dalam konferensi pers bersama Menlu Yang Jiechi dalam pembicaraan sekitar dua jam.

"Kami yakin kami telah mendirikan landasan yang kuat, tapi ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan," tambah Hillary. Hillary singgah di Beijing dalam bagian kunjungannya ke Asia, termasuk Jepang, Indonesia, dan Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com