Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Qantas Anjlok Separuh Lebih

Kompas.com - 05/02/2009, 16:11 WIB

SYDNEY, KAMIS — Laba sebelum pajak maskapai penerbangan Qantas anjlok lebih dari separuh pada tahun fiskal di akhir 2008. Chairman Qantas Leigh Clifford mengatakan, Kamis (5/2), penurunan itu besarnya mencapai 68,2 persen atau di posisi 288 juta dollar Australia.

Maka dari itulah, Clifford mengatakan, pada 2009 pihaknya bakal berbenah lebih pada struktur, diversifikasi, dan portofolio bisnis, serta manajemen keuangan berhati-hati.

Sementara itu, brand grup di samping Qantas yakni Jetstar berhasil menggantikan posisi Qantas pada rute-rute internasional tertentu. Jetstar juga berhasil menumbuhkan pangsa pasar baru.

Selanjutnya, Chief Executive Officer Qantas Alan Joyce mengatakan, beberapa faktor penyebab menurunnya perolehan laba bersih Qantas adalah harga bahan bakar yang tidak stabil, pelemahan 31 persen nilai dollar Australia terhadap dollar AS, serta penurunan permintaan di kelas premium dan rute internasional akibat penurunan pendapatan dari penumpang dan dampak dari permasalahan industri.

Sedangkan pada sisi lain, Jetstar mampu memperluas jaringan di Australia dan internasional sekaligus menambah kapasitas 13,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com