Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Bebaskan Aktivis Pembaruan

Kompas.com - 29/08/2008, 04:41 WIB

RIYADH, KAMIS - Seorang aktivis pembaruan telah dibebaskan oleh pihak berwenang Arab Saudi setelah menjalani hukuman penjara enam bulan.  Abdullah al-Hamed, tokoh intelektual penting di antara pembaru Islam ini, dibebaskan Kamis pagi. Demikian ungkap khatib Mohsen al-Awajy dan aktivis hak asasi manusia Fawziya al-Oyouni.
   
Hukuman Hamed secara luas dianggap sebagai hukuman untuk semua seruannya bagi pembaruan politik di monarki Islam konservatif, sekutu penting AS itu.
   
Ia dipenjarakan oleh pengadilan Saudi karena mendorong para isteri yang diduga militan Islam untuk memprotes secara terbuka penahanan tak tentu suami mereka.
   
"Saya mengharapkan pembebasan Hamed akan menjadi awal bagi tahap baru dan bahwa ini akan menjadi pertanda baik berkaitan dengan status pembaru," kata aktivis Islam Khaled al-Omair.
   
Inteletual Saudi pekan ini minta pemerintah untuk berbuat lebih banyak lagi untuk menghentikan penahanan dan pembatasan lainnya yang diterapkan pada tokoh, liberal dan Islamis, yang bekerja secara terbuka untuk mengubah monarki absolut menjadi demokrasi parlementer.
   
Kementerian dalam negeri telah menahan beberapa ribu orang sejak gerilyawan terkait-al Qaida melancarkan serangan kekerasan pada 2003 untuk membuat tidak stabil pemerintah keluarga Al Saud itu. Namun para kritikus mengatakan tindakan keras itu telah diperluas ke pelobi bagi pembaruan damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com