Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis Australia Sembunyikan Heroin di CD

Kompas.com - 15/07/2008, 13:58 WIB

HANOI,  SELASA - Seorang gadis Australia ditangkap di Vietnam karena membawa heroin. Menurut laporan koran Liberated Saigon, Selasa (15/7), Nguyen Thanh Huyen (22) ditangkap di Bandara Tan Son Nhat di Ho Chi Minh City saat hendak ke Sydney, Minggu (13/7).

Ia kedapatan menyembunyikan dua bungkus heroin seberat 73 gram di celana dalamnya. Gadis keturunan Vietnam itu kini berada dalam tahan kepolisian. Polisi belum berkomentar atas penangkapan itu. Sementara itu, para pejabat di Konsulat Jenderal Australia di Ho Chi Minh City menolak berkomentar.

Dalam kunjungan ke Vietnam pada awal Juli, Menlu Australia Stephen Smith mendesak Pemerintah Vietnam tidak menghukum mati dua warganya yang diadili karena menjual narkoba di negeri itu. Sedikitnya empat warga Australia keturunan Vietnam yang terlibat kasus perdagangan narkotika dicabut hukuman matinya atas permintaan Pemerintah Australia. Di negeri Kanguru itu hukuman mati telah dihapuskan tahun 1973. Sejauh ini belum ada satu pun warga Australia yang dieksekusi mati di Vietnam.

Beberapa warga Australia keturunan Vietnam ditahan karena terlibat penyelundupan narkotika, termasuk tiga orang yang mencoba menyelundupkan heroin dalam pesawat terbang. Vietnam merupakan salah satu negara yang keras dalam urusan narkotika. Memiliki, memperdagangkan, atau mengirimkan lebih dari 600 gram heroin atau 20 kg opium akan dikenai hukuman mati.

Sejak berakhirnya Perang Vietnam tahun 1975, sedikitnya 200.000 warga Vietnam telah menetap di Australia dan banyak di antaranya yang sukses secara ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com