Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Gadungan Tipu Pasien dengan Pil Tidur

Kompas.com - 08/04/2013, 09:24 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Dokter gadungan ini berhasil menipu "pasiennya". Tak main-main, delapan pil tidur dipakai si dokter gadungan bernama Oh Koon Shin untuk menggerogoti harta korbannya.

Stomp Singapura melaporkan, Ching Sui Nai menjadi korban tipu muslihat pria penganggur itu. Peristiwanya sendiri bermula ketika Ching mengantre dokter di Klinik Jurong. Ketika itulah Oh tiba-tiba saja muncul dan memperkenalkan dirinya sebagai pakar kesehatan. Dengan tipu dayanya, Oh berhasil meyakinkan perempuan berumur 62 tahun itu untuk menelan empat pil warna biru yang diberikannya.

Ching mulai merasa mengantuk dan kesulitan berdiri dengan baik. Kemudian, pelaku mulai memasukkan tangannya ke handbag Ching dan mengambil cincin yang terpasang di jari korbannya itu. Oh juga kembali menyodorkan empat pil tambahan kepada korban yang sudah mulai kesulitan mengontrol dirinya.

Beruntung, seorang pegawai klinik memergoki perbuatan pelaku. Pegawai itu baru saja mendapat laporan bahwa seorang nenek berumur 80 tahun juga kehilangan harta benda bernilai 1.400 dollar Singapura sehari sebelumnya. Polisi lalu dipanggil dan Oh diciduk.

Obat tidur yang dipakai merupakan diazepam atau tablet valium, yang jika dikonsumsi akan menyebabkan rasa kantuk yang luar biasa, gangguan koordinasi anggota tubuh, dan kesulitan berbicara.

Hakim menjelaskan, perbuatan Oh sangat menjijikkan karena berusaha mencelakakan dan memperparah kondisi kesehatan korban yang sudah jelas-jelas berada dalam kondisi sakit. Hukuman penjara dua tahun pun dijatuhkan kepada pelaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com