Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat F-16 AU AS Belum Ditemukan

Kompas.com - 29/01/2013, 18:10 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

ROMA, KOMPAS.com -- Hingga hari Selasa (29/1/2013), tim pencari gabungan masih mencari keberadaan sebuah pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik Angkatan Udara AS (USAF) yang hilang di perairan Laut Adriatik dekat Italia sejak Senin malam. Nasib pesawat dan seorang pilotnya belum diketahui.

Pesawat tempur tersebut sedang menjalankan misi latihan dari pangkalannya di Pangkalan Udara Aviano di Italia utara, Senin petang. Pihak humas Wing Tempur ke-31 USAF yang berpangkalan di Aviano menyatakan, kontak dengan pesawat itu hilang pada hari Senin sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Operasi pencarian dilakukan bersama dengan pihak berwenang Italia. Pasukan paramiliter Italia, Carabinieri dan AU Italia mengerahkan beberapa helikopter untuk menyisir kawasan pantai sepanjang 15,2 kilometer antara Cervia dan Cesenatico di bagian barat laut Laut Adriatik.

Penjaga Pantai Italia juga mengerahkan perahu-perahu motornya untuk mencari hingga kawasan laut berjarak 16 kilometer dari garis pantai. Penjaga Pantai juga mengontak tiga kapal barang yang melintasi perairan itu untuk turut mencari pesawat yang hilang itu. Tim penyelam juga telah disiagakan.

Meski demikian, operasi pencarian terhalang kondisi cuaca buruk dan jarak pandang terbatas karena hujan deras bercampur salju di lokasi tersebut. "Jarak pandang sangat buruk, karena selain sudah malam, juga ada hujan bercampur salju," tutur Komandan Penjaga Pantai Italia Cosimo Nicastro.

Tidak diketahui pasti misi yang diemban pesawat F-16 itu waktu hilang. Pihak USAF hanya menyebutkan pesawat itu hanya diawaki satu pilot. Informasi lain menyebutkan, pesawat itu tidak membawa senjata saat terbang hari itu.

Kantor berita La Presse dari Italia menambahkan, pesawat yang hilang itu sempat mengirim sinyal bahaya ke Aviano sebelum hilang kontak. Tiga pesawat sejenis yang terbang pada misi yang sama tiba kembali dengan selamat di pangkalan itu.

Wing Tempur ke-31 yang berpangkalan di Aviano terdiri, antara lain, atas dua skuadron tempur yang masing-masing mengoperasikan 21 pesawat tempur F-16CM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com