Jumat, 31 Oktober 2014

News / Internasional

Majalah Anak-anak Ulas Cara Bikin Bom Molotov

Kamis, 11 Oktober 2012 | 08:18 WIB

TUNIS, KOMPAS.com — Majalah anak-anak sering menampilkan cara membuat berbagai macam pekerjaan tangan. Namun, majalah anak-anak Tunisia yang satu ini berbeda, mereka menyajikan artikel mengenai bagaimana membuat bom molotov.

Edisi terbaru majalah Qaws Quzan, yang dalam bahasa Arab berarti pelangi, menampilkan artikel tentang sejarah bom molotov. Tak hanya sejarahnya, artikel rubrik ”Pojok Pengetahuan” itu juga dilengkapi dengan cara pembuatan dan diagram bom molotov.

”Ini merupakan senjata ampuh dan sering digunakan dalam kerusuhan serta sabotase karena sangat mudah dibuat dan digunakan,” demikian antara lain isi artikel tersebut.

Majalah itu selama puluhan tahun dibaca oleh anak-anak lelaki dan perempuan di Tunisia yang berusia antara 5 dan 15 tahun. Majalah itu tidak memiliki orientasi politik tertentu. Namun, artikel itu sangat menyentak di negara yang sempat rusuh dan memicu gerakan Arab Spring.

Kementerian Wanita dan Keluarga menyatakan, artikel tersebut telah merasuki dan membahayakan pikiran anak-anak dengan kekerasan dan terorisme. Kementerian itu menyatakan akan menyelidiki dan menuntut penerbit serta semua pihak yang terlibat dalam penerbitan edisi tersebut. Sementara itu, hakim akan memutuskan tuduhan apa yang akan dijatuhkan kepada majalah anak-anak itu. Gawat deh.... (Reuters/Joe)


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: