Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imelda Marcos Incar Kembali Kursi Senat

Kompas.com - 01/10/2012, 17:13 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Janda mendiang Ferdinand Marcos, Imelda tengah berupaya untuk mencalonkan diri kembali menjadi anggota kongres Filipina dalam masa jabatan kedua.

Imelda Marcos (83) akan mendaftarkan diri mewakili Ilocos Norte, provinsi di wilayah utara tempat kelahiran Ferdinand. Provinsi ini selama berpuluh tahun menjadi basis pendukung keluargan Marcos.

"Dia tengah mendaftarkan diri untuk maju sebagai anggota kongres di Ilocos Norte. Dia akan memasukkan pendaftaran pada Rabu atau Kamis," kata juru bicara Imelda Marcos, Filadelfo Diaz kepada AFP.

Putri Imelda, Imee (56), yang terpilih menjadi Gubernur Ilocos Norte pada 2010 lalu juga akan bertarung untuk masa jabatan ketiga.

Sementara putra Imelda, Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr (55) tetap menjadi politisi paling terpandang Filipina setelah terpilih menjadi anggota Senat untuk masa jabatan enam tahun pada 2010 lalu.

Imelda berulang kali mengatakan dia menginginkan putranya itu menjadi Presiden Filipina.  

Dan "Bongbong" menyulut spekulasi selama dua tahun terakhir ini bahwa dia memang mengincar jabatan presiden pada 2016 nanti.

Kembalinya keluarga Marcos ke dunia politik Filipina mencapai puncaknya pada 2010, ketika Imelda menjadi anggota kongres, Imee terpilih menjadi gubernur dan "Bongbong" menjadi anggota senat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com