Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Kuan Yew Derita Penyakit Saraf Langka

Kompas.com - 07/11/2011, 16:28 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew menderita penyakit saraf langka yang menyebabkan dia sulit berjalan, tulis Lee Wei Ling, putri Lee, dalam kolom mingguannya di harian Straits Times, Minggu (6/11/2011).

Lee, yang memimpin Singapura dari 1959 hingga 1990, menderita penyakit yang disebut sensory peripheral neuropathy. Penyakit itu memengaruhi saraf di luar sistem saraf pusat dan keseimbangan tubuhnya, kata putrinya, yang menjabat sebagai direktur di National Neuroscience Institute Singapura itu.

"Kadang kala dia cukup mantap, tetapi ada juga hari-hari ketika keseimbangannya buruk," kata Wei Ling, yang juga dokter itu.

Beruntung, otak dan otot lelaki 88 tahun itu bekerja dengan normal dan dia masih berjalan di atas treadmill tiga kali sehari untuk memperbaiki keseimbangannya.

Lee Kuan Yew mundur dari kabinet beberapa bulan lalu, tetapi masih menjadi anggota parlemen dan sering bepergian ke luar negeri untuk menemui pemimpin dunia lainnya.

"Saya rasa dengan pengobatan dan sedikit kehati-hatian, dia bisa terus bekerja untuk bangsanya dan dunia," ucap Wei Ling.

Lee sendiri tampaknya tidak terganggu dengan penyakitnya itu. Pada hari yang sama saat kolom putrinya terbit, Lee menghadiri sebuah acara penanaman pohon di Tanjong Pagar, Singapura.

Lee menegaskan keyakinannya bahwa penyakit yang dideritanya itu tidak memengaruhi pikiran, kemauan, dan keteguhan hatinya. "Orang yang duduk di kursi roda saja tetap bisa bekerja. Saya masih punya dua kaki, jadi saya akan tetap bekerja," tegasnya seperti dilansir Asiaone, Senin (7/11/2011).

Menurut Lee, penyakit itu dideritanya sejak dua tahun lalu, ketika usianya 86 tahun. Sejak itu dia terus berusaha mengatasinya.

"Kita belajar menyesuaikan. Ini (penyakit) dimulai dua tahun lalu saat umur saya 86 tahun. Dan banyak orang seusia saya kalau tidak duduk di kursi roda, ya sudah tiada. Jadi saya bersyukur masih hidup di usia 86 tahun, sekalipun tidak sekuat dulu," tuturnya.

Straits Times melaporkan, pada acara itu Lee Kuan Yew berjalan tanpa perlu digandeng ataupun bantuan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com